Rokok dan Gangguan Lambung

rokok-dapat-mempunyai-efek-pada-lambung

Rokok dan Gangguan Lambung

Dalam sebatang rokok terdapat lebih dari 4000 bahan kimia; ratusan di antaranya beracun dan sekitar 70 diantaranya bersifat memicu kanker. Contoh zat berbahaya yang terkandung dalam rokok antara lain karbon monoksida, tar, nikotin, amonia, nitrogen oksida, benzen, arsenik, toluene, formaldehid, hidrogen sianida, kadmium, dll.

Merokok identik dengan masalah gangguan saluran pernapasan, terutama paru-paru. Namun, banyak yang tidak tahu bahwa merokok juga bisa mengganggu sistem pencernaan, terutama lambung. Merokok merupakan salah satu penyebab meningkatnya produksi asam dan gas dalam lambung. Gejala yang muncul seperti mual, perut kembung, dan nyeri walaupun tidak pernah terlambat makan. Lebih lanjut lagi, peningkatan sekresi asam lambung akibat merokok dapat mengakibatkan bertambah beratnya penyakit maag hingga bisa menyebabkan tukak/luka lambung. Merokok juga dapat memperparah radang pada lambung dan usus dua belas jari yang biasa dipicu oleh bakteri Helicobacter Pylori. Pada beberapa kasus kerusakan pada lambung perokok ini juga dapat mengarah kepada kasus kanker lambung.

Oleh karena itu, para perokok yang menderita sakit maag atau memiliki sejarah gangguan lambung harus menghentikan kebiasaan merokoknya. Selain itu pola hidup sehat dengan makan sehat dan teratur, menjauhi stres, olahraga, mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan bersodaakan membantu menjaga kesehatan lambung dan pencernaan.

Author: admin

Share This Post On