Orang Sibuk Cenderung Berisiko Kena Maag

busy-man-800x445

Orang Sibuk Cenderung Berisiko Kena Maag

Sakit maag sering dijumpai pada populasi umum. Hampir 30% dari populasi umum pernah mengalami gangguan maag. Gangguan ini sering dijumpai terutama pada masyarakat dengan tingkat stress tinggi. Beban pekerjaan seringkali menyebabkan seseorang melalaikan hak tubuhnya, seperti makan dan istirahat. Banyak pekerja kantor yang meninggalkan sarapan karena kesibukan sudah menunggu di pagi hari. Makan siang pun terkadang terlewatkan.

Makan tidak teratur, konsumsi makanan pencetus asam lambung (mis. kopi, coklat), konsumsi makanan tinggi lemak, alkohol dan merokok dapat mencetus sakit maag.

Saat ini terdapat dua jenis maag, yakni maag fungsional dan maag organik. Maag fungsional merupakan penyakit maag yang tidak diketahui penyebab sebenarnya atau tidak disebabkan karena gangguan pada saluran pencernaan. Sedangkan maag organik merupakan penyakit maag yang terdapat gangguan pada saluran pencernaan, seperti berupa luka atau penyakit lain.

Untuk penderita sakit maag organik, tetap membutuhkan obat anti asam untuk membantu menekan produksi asam lambung selama 12-14 jam. Namun, obat ini hanya bisa didapat dengan resep dokter. Obat maag yang dijual bebas hanyalah obat antasida yang sifatnya menetralkan asam lambung. Beberapa antasida dapat dikombinasikan dengan zat aktif lain seperti Simetikon untuk mengurangi mual (sebah) karena kandungan gas yang berlebih.

Author: admin

Share This Post On